Penting Diketahui! Inilah Cara Mengetahui Password Wi-Fi yang Tersimpan di Laptop dan HP Anda

Penting Diketahui! Inilah Cara Mengetahui Password Wi-Fi yang Tersimpan di Laptop dan HP Anda – Istilah Wi-Fi pertama kali dipakai pada Agustus 1999. Wi-Fi dicetuskan oleh sebuah firma konsultasi merek bernama Interbrand Corporation. Belanger mengatakan Interbrand menciptakan nama Wi-Fi sebagai plesetan dari Hi-Fi (high fidelity).

Menghidupkan, Matikan, Energi, Kekuatan, Pengusaha

Wi-Fi merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik yang berguna untuk bertukar data nirkabel,seperti menggunakan gelombang radio dan wireless melalui jaringan komputer. Pada awalnya Wi-Fi lebih diperuntukan dalam penggunaan perangkat nirkabel dan jaringan area lokal.

Wi-Fi mungkin sudah tidak asing lagi saat ini. Orang-orang berbondong-bondong menggunakan jaringan Wi-Fi bahkan sampai memasang jaringan Wi-Fi tersebut di rumah nya masing-masing. Kebanyakan alasan dari mereka adalah ingin lebih irit dalam penggunaan paket data.

Tidak sedikit mereka yang kreatif,juga mempelajari bagaimana penggunaan Wi-Fi dari mulai cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp, mengisi kembali password Wi-Fi yang sudah diganti, dan hal-hal sederhana lainnya.

Kebanyakan dari Anda mungkin masih menggunakan password Wi-Fi yang tertulis pada bagian belakang dari router yang diberikan ISP. Kemungkinan besarnya hal tersebut berisi kombinasi huruf, angka, serta simbol yang panjang dan biasanya sulit untuk diingat. Hal ini akan membuat kita kesulitan membalikan router dan memberitahu password Wi-Fi ketika ada teman yang sedang bertamu dan hendak menggunakan Wi-Fi. Belum lagi Anda tidak tahu bagaimana cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut,mungkin Anda bisa mengubah password Wi-Fi Anda dengan kata-kata yang lebih mudah dan singkat. Namun hal tersebut akan menyebabkan berkurangnya tingkat keamanan Wi-Fi Anda.

Survei membuktikan, banyak yang sering menggunakan Wi-Fi namun tidak tahu bagaimana cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp. Password Wi-Fi yang sudah tersimpan pada laptop dan Hp tentu akan dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika Anda membutuhkan Wi-Fi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang mengharuskan Anda menggunakan perangkat yang

Namun tak sedikit juga yang bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp dengan mudah. Mungkin mereka yang bertanya-tanya sudah pernah mengalami bagaimana sulitnya hidup ketika tidak mengetahui password Wi-Fi yang sudah tersimpan sebelumnya,hehe..

Untuk memudahkan melihat password Wi-Fi tanpa harus memegang router,Anda dapat melihatnya melalui laptop ataupun hp yang sudah terhubung ke jaringan tersebut. Berikut ini akan dibahas mengenai cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp. Kita awali dengan pembahasan mengenai cara mengetahui password Wi-Fi yang sudah tersimpan di laptop.

Hal ini dilakukan pada sebuah laptop yang sudah terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Langkah awal,Anda bisa melakukan klik kanan pada icon Wi-Fi di tray dan masuk ke Open Network and Sharing Center. Selanjutnya klik opsi Change Adapter Settings pada bagian kiri menu. Klik kanan pada icon Wi-Fi lalu pilih status,kemudian akan muncul sebuah windows baru. Klik tombol Wireless Properties dan pilih tab Security.

Perlu diketahui,pada bagian ini akan menampilkan password dari jaringan yang sedang terhubung saja. Klik Show Character pada kolom Network Security Key, maka Anda dapat melihat password Wi-Fi yang sedang terhubung.

Untuk dapat melihat password dari Wi-Fi lain yang pernah digunakan oleh laptop yang Anda gunakan caranya cukup mudah pada Windows 7. Anda hanya perlu masuk ke menu Manage Wireless Neworks yang akan menampilkan daftar lengkap dari Wi-Fi yang pernah digunakan sebelumnya pada laptop.

Anda dapat memilih Wi-Fi mana yang ingin Anda ketahui password-nya,lalu double click. Selanjutnya akan muncul windows baru,silahkan pilih Security dan ceklis pada bagian Show Characters untuk menampilkan password-nya.

Hal tersebut akan berbeda ketika dilakukan pada Windows 8 dan 10. Anda diharuskan membuka aplikasi command prompt dengan mengetik cmd pada menu Start. Setelah cmd terbuka,ketik perintah : netsh wlan show profiles. Selanjutnya Anda akan disuguhkan dengan daftar nama Wi-Fi pada bagian kanan. Ketik perintah:  netsh wlan show profile name=profilename key=clear untuk memilih dan melihat password Wi-Fi yang dipilih.

Gantilah profilename dengan nama Wi-Fi,setelah itu akan muncul informasi detail mengenai Wi-Fi tersebut. Anda dapat melihat password-nya berada pada bagian Key Content. Itulah pembahasan pertama mengenai cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp.

Menginjak pada pembahasan selanjutnya. Untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, pengguna smartphone biasanya akan menggunakan koneksi wireless yang dihubungkan oleh perangkat Wi-Fi sebagai pilihan pertamanya.

Dalam smartphone biasanya cukup sulit untuk mengetahui password Wi-Fi yang telah terhubung.Ini menjadi salah satu hal yang perlu diketahui bahwa untuk tahu cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp tentulah berbeda. Hal tersebut bertujuan agar jaringan Wi-Fi pada HP tetap aman saat smartphone di bobol secara tidak sadar.

Wi-Fi memiliki sejarah keamanan yang bisa dikatakan berubah-ubah. Sebuah fitur pilihan yang ditambahkan pada tahun 2007 bernama Wi-Fi Protected Setup(WPS), memberikan celah yang cukup besar untuk pembobol yang ingin mendapatkan password WPA atau WPA2 router dari jarak jauh hanya dalam beberapa jam saja. Hal ini menyebabkan sejumlah perusahaan untuk mematikan fitur WPS.

Lalu bagaimanakah cara melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung pada HP Anda? Tentu saja cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp berbeda. Mari kita simak pembahasan mengenai cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di hp.

Langkah pertama Anda harus terlebih dahulu masuk ke setting-an Wi-Fi. Kemudian lihat gateway-nya yang nantinya akan digunakan untuk masuk ke menu username-nya. Setelah itu masukan IP pada gateway-nya pada browser. Anda akan mendapati menu username setelah memasukan IP. Masukan admin dan password-nya sama seperti username.

Jika tidak bisa login,Anda gunakan user untuk username-nya begitu juga dengan password-nya. Jika setelah menggunakan cara tersebut masih tidak bisa login,itu artinya pemilik Wi-Fi tersebut tidak memakai kedua user tersebut.

Jika sudah bisa login,langkah selanjutnya adalah klik network interface dan dilanjutkan dengan meng-klik network. Selanjutnya klik menu security. Langkah demi langkah sudah dilakukan,Anda sudah dapat melihat password Wi-Fi yang tersimpan di hp Anda.

Terlihat jelas berbeda bukan cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp? Cara tersebut mungkin akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana mengetahui password Wi-Fi yang sudah tersimpan pada laptop atau pun hp Anda.

Wi-Fi ini tentu memiliki banyak kelebihan yang akan membantu,contoh Wi-Fi lebih fleksibel sehingga Anda bisa berpindah tempat,jaringannya dapat diakses dengan mudah,juga penggunaan listriknya dapat diminimalisir. Namun jangan lupa,bijaklah dalam menggunakannya karena Wi-Fi juga memiliki kekurangan tersendiri dan tak jarang akan merugikan penggunanya.

Itulah cara mengetahui password Wi-Fi yang tersimpan di laptop dan hp yang rasanya wajib untuk Anda ketahui sebagai pengguna sejati Wi-Fi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *