Inilah Bisnis Modal Minim yang Awet Tahan Lama

ide bisnis modal minim awet tahan lama

Jika sekarang kita melihat sekeliling kita, ada begitu banyak jenis usaha yang beroperasi dan dapat digunakan sebagai dasar untuk pendapatan. Tetapi untuk kondisi ekonomi yang tidak pasti saat ini, nilai rupiah, yang semakin melemah, semakin mengakibatkan jatuhnya bisnis-bisnis ini secara bertahap.

Kondisi seperti itu sering membuat kita yang ingin membuka bisnis sendiri merasa lebih khawatir dan ketakutan jika suatu saat bisnis yang ingin kita bangun perlahan akan runtuh di tengah jalan. Anti-Tumbling Business, ya itulah yang benar-benar ingin kita bangun sebagai gantinya ?

Agar tidak terjadi hal terburuk bagi bisnis, maka kita harus terus mempertimbangkan tingkat ketahanan bisnis yang lebih tinggi terhadap berbagai macam gejolak ekonomi saat ini. Atau bisa dibilang Anda ingin mencari dan memilih menjalankan bisnis yang lebih tahan terhadap berbagai jenis serangan dan serangan dari krisis keuangan (pengaruh nilai Rupiah).

Beberapa jenis bisnis yang memiliki pasar dan produk yang lebih luas yang akan selalu dibutuhkan biasanya sama sekali tidak mudah terpengaruh oleh gejolak ekonomi yang kuat saat ini.

Dan sekarang coba Anda pikirkan, bagaimana jika modal yang Anda miliki saat ini masih terbilang biasa-biasa saja? Faktor modal sangat dibutuhkan dalam membangun bisnis. Tetapi juga tidak semua jenis bisnis membutuhkan modal terlalu banyak.

Ada juga beberapa jenis bisnis yang dapat dimulai hanya dengan modal minimalis dan bisnis yang dapat dianggap sebagai bisnis yang lebih anti-tabrakan, seperti jenis bisnis berikut, yaitu:

  1. Les Privat

Apakah Anda pandai matematika? Sudah cukup mahir berbahasa Inggris atau memiliki keunggulan akademis lainnya? Jadi jangan biarkan pengetahuan hilang begitu saja dari pikiran Anda karena itu tidak dapat digunakan secara lebih efektif. Anda dapat menyalurkannya kembali dengan membuka kursus privat Anda sendiri untuk anak-anak sekolah.

Anda juga dapat membuka kelas dari rumah atau dengan mengunjungi rumah masing-masing tutor pribadi Anda. Mencoba berbisnis seperti ini dapat dikatakan sangat tahan terhadap berbagai macam serangan krisis ekonomi, karena pasar selalu ramai dan berlimpah setiap saat (siswa) dan mereka juga sangat membutuhkan pelajaran tambahan dari luar jam sekolah.

  1. Buka konter pembayaran online.

Setiap bulan kita harus membayar berbagai jenis tagihan seperti: listrik, air, telepon, PAM dan sebagainya. Dengan menggunakan ponsel cerdas Anda, Anda dapat memulai bisnis jenis ini sendiri. Bisnis ini juga dapat diintegrasikan dengan bisnis bahan makanan.

  1. Buka toko makanan pokok atau kebutuhan sehari-hari

Setiap orang tentu membutuhkan kebutuhan dasar untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, terlepas dari di mana dan kapan mereka berada. Beberapa produk makanan pokok mulai dari beras, gula, kopi, mie instan dan sebagainya.

Karena dengan menjual berbagai jenis kebutuhan sehari-hari di manapun Anda berada, Anda dapat yakin bahwa bisnis bahan makanan Anda akan tetap laris dan tidak akan mudah terpengaruh oleh berbagai guncangan ekonomi.

  1. Menjual makanan atau minuman

Anda masih bisa memiliki keterampilan dalam memasak, untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak perlu membuka toko secara permanen untuk dapat memulai bisnis seperti ini.

Menjual makanan gorengan di depan rumah mereka masih bisa berjalan, bahkan dengan membuat berbagai jenis paket nasi yang sering dijual di pagi hari sebelum jam berangkat kerja.

  1. Jual Buku Bekas

Buku teks, majalah, atau bahan bacaan memiliki pangsa pasar yang sangat besar sebagai bacaan (sebelum era media e-book seperti sekarang). Meskipun proliferasi e-book online saat ini, untuk jenis pangsa pasar penjualan buku bekas masih stabil.

Karena itu masih diperlukan mulai dari level anak sekolah, perguruan tinggi, dan bahkan masyarakat yang memang memiliki hobi membaca yang hebat. Jika Anda memiliki buku-buku lama yang tidak pernah digunakan lagi dengan kondisi yang masih layak dibaca, maka Anda dapat mulai menjalankan bisnis jenis ini.

Tanyakan kepada tetangga, teman, atau saudara Anda apakah masih ada buku atau majalah bekas yang tidak lagi digunakan tetapi masih layak dibaca maka Anda bisa ambil.

Buku itu sudah ada, di mana Anda ingin menjualnya? Ingin menyewa warung tetapi modal juga dilepaskan. Jadi solusinya adalah dengan menggunakan acara seperti hari bebas mobil, pasar atau pasar untuk terkejut memegang kios buku bekas Anda.

Dengan memegang kios seperti ini, Anda bisa mengetahui jenis buku apa yang paling dicari oleh konsumen. Selain memegang kios, Anda juga dapat menawarkannya secara online melalui media sosial pribadi Anda.

Menjalankan bisnis sebenarnya tidak cukup hanya dengan modal. Tanpa kerja keras, ketekunan dan kesabaran, bisnis Anda tidak akan berkembang sama sekali. Meskipun bisnis yang Anda rintis saat ini masih sangat kecil, jika Anda cukup ulet, aktif dan pantang menyerah, maka mungkin saja bisnis Anda suatu hari nanti akan menjadi lebih besar dan lebih besar dari apa yang Anda bayangkan sebelumnya.

Itulah pembahasan mengenai ide bisnis modal minim yang tahan terhadap krisis ekonomi. Semoga bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *